Jenis Jenis Pondasi dan Fungsinya

Bagian paling penting pada sebuah bangunan ada di bagian bawah yaitu pondasi, pondasi adalah bagian penting yang berfungsi untuk menopang beban yang ada di atas.

Sebuah bangunan pasti mempunyai pondasi dan setiap bangunan akan mempunyai pondasi sesuai dengan bangunannya itu sendiri, sehingga ada beberapa macam jenis pondasi yang di gunakan pada setiap bangunan.

Berikut adalah jenis jenis pondasi dan fungsi nya;

Pondasi dangkal

Biasanya dipergunakan untuk bangunan sederhana, misalnya untuk rumah tinggal atau bangunan yang menopang beban tidak terlalu berat. Dari sebutannya sudah bisa diambil kesimpulan bahwa kedalaman galian jenis pondasi dangkal hanya beberapa meter saja kedalam tanah. Tipe yang sering dipergunakan dari jenis pondasi ini adalah pondasi menerus yang umumnya dipergunakan pada rumah tinggal, bisa dari bahan beton maupun pasangan batu. Beberapa jenis pondasi dangkal diantaranya Pondasi Batu Kali, Pondasi Telapak, Pondasi Raft (pondasi tikar), Pondasi Rakit, Pondasi Umpak dan Pondasi Plat Beton.

Pondasi dalam

Biasanya dipergunakan untuk gedung bertingkat atau bangunan yang memang memiliki konstruksi yang cukup berat. Biasanya dipergunakan untuk meneruskan beban bangunan melewati lapisan tanah lemah bagian atas ke lapisan lebih keras dibagian bawah. Contoh pondasi dalam diantaranya Pondasi Sumuran, Pondasi Tiang Pancang (Tiang Pancang kayu, Tiang Pancang Beton Pracetak, Tiang Pancang Baja), Pondasi Piers dan pondasi Caissons (Bor Pile).

Itulah jenis jenis pondasi yang arsifan ketahui saja, semoga bermanfaat.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.